9 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh: -
Manfaat buah apel
Manfaat buah apel, Apel atau juga disebut Malus domestica adalah merupakan buah yang pada awalnya berasal dari Asia Tengah, akan tetapi seiring dengan perkembangannya buah apel saat ini sudah tersebar merata keseluruh Dunia. Apel merupakan buah yang identik dengan warna kulit buah yang berwarna merah.

Hampir semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yang bulan dan rasa apel itu sendiri. Karena apel digolongkan ke dalam jenis buah-buahan, maka apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Kandungan Buah Apel
Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel per 100 gram.

Kalori (kal) : 58g
Zat Besi : 0,3g
Kalsium : 6g
Lemak : 04g
Vitamin A : 90g
Vitamin C : 5g
Protein : 03g
Air : 84,1g
dll.

Mengurangi resiko serangan kanker
Manfaat bauh apel salah satunya dapt untuk mencegah serangan kanker. Hal ini dikarenakan, kandungan yang bernama flavonoid yang dapat bermanfaat untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda.

Menjaga kesehatan gigi
Dengan mengkonsumsi secara rutin, buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengkroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi Anda tetap sehat.

Mencegah dehidrasi
Buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. 85% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi
Apel dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung serta dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan apel dapat mencegah kolesterol dalam tubuh.

Menangkal radikal bebas
Pada kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.

Mencegah diare dan sembelit
Manfaat buah apel juga dapat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan seperti diare dan sembelit. Kandungan serat pada apel yang tinggi mampu untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit.

Mencegah diabetes
Hal Ini dikarenakan, kulit apel memiliki kandungan senyawa fenolik. Untuk itulah disarankan, untuk mencuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir, sebelum Anda makan buah apel beserta kulitnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan pada buah apel yang bernama quercetin dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh, agar seseorang tidak mudah terkena penyakit terutama pada saat cuaca yang tidak bersahabat.

Penglihatan yang lebih jernih
Dengan rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat berperan besar untuk mencegah datangnya berbagai gangguan kesehatan mata salah satunya katarak.